Artikel : Bulein Annur - Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits

Kisah Musa-Úóáóíúåö ÇáÓøóáóÇãõ-dan Hamba yang Shalih

Jumat, 16 Agustus 24
***

Segala puji bagi Allah Rabb semesta alam, shalawat dan salam semoga tercurah atas baginda Muhammad-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-penutup para Nabi dan imam para rasul dan atas keluarganya serta para sahabatnya secara menyeluruh.

Saudara, saudariku

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuhu

Wa ba’du.

Sebagian ahli tafsir mengatakan bahwa telah terjadi perbincangan antara Musa-Úóáóíúåö ÇáÓøóáóÇãõ-dan dirinya sendiri –saya tidak mengerti bagaimana mereka mengetahui cerita tentang apa yang terjadi antara Musa-Úóáóíúåö ÇáÓøóáóÇãõ-dan dirinya sendiri –akan tetapi memang begitu yang dituliskan di beberapa kitab-kitab tafsir, yaitu telah terjadi perbincangan antara Musa-Úóáóíúåö ÇáÓøóáóÇãõ-dan dirinya sendiri. Mungkin maksudnya dia mengungkapkannya kepada sebagian keluarganya. Dia adalah Nabiyullah, rasulullah dan kalimullah. Dan bahwa melalui tangannya Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-menghancurkan Fir’aun dan balatentaranya, melalui kedua tangannya Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì- menyelamatkan Bani Israil dan tidak ada di muka bumi pada masanya orang yang lebih berilmu darinya. Maka Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-hendak mengajarinya bahwa,


æóÝóæúÞó ßõáøö Ðöí Úöáúãò Úóáöíãñ [íæÓÝ : 76]


Dan di atas tiap-tiap orang yang berpengetahuan itu ada lagi yang Maha Mengetahui (Yusuf : 76)

Maka Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-mewahyukan kepadanya bahwa ada pada masanya seseorang yang jauh lebih berilmu darinya. Maka Musa-Úóáóíúåö ÇáÓøóáóÇãõ -pun tidak ragu menunjukkan keinginannya untuk berguru kepada ustadz ini, ingin menciduk dari ilmunya, ingin belajar dari pengalaman dan keutamaannya serta ingin mendapatkan cahaya dengan pemberian Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-kepadanya. Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-mewahyukan kepadanya, “Jika engkau berjalan hingga sampai pada pertemuan dua buah lautan, engkau akan mendapati barangmu yang hilang. Ketika kehilangan ikanmu, engkau akan bertemu dengan seorang hamba yang shalih.

Dalam surat al-Kahfi diceritakan kisah ini. Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-berfirman,


æóÅöÐú ÞóÇáó ãõæÓóì áöÝóÊóÇåõ áóÇ ÃóÈúÑóÍõ [ÇáßåÝ : 60]


Dan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada (muridnya), “Aku tidak akan berhenti (berjalan)” (al-Kahfi : 60)

Tidak akan berhenti bepergian berpindah-pindah tempat


ÍóÊøóì ÃóÈúáõÛó ãóÌúãóÚó ÇáúÈóÍúÑóíúäö Ãóæú ÃóãúÖöíó ÍõÞõÈðÇ [ÇáßåÝ : 60]


Sebelum sampai ke pertemuam dua buah lautan; atau aku akan berjalan sampai bertahun-tahun.” (al-Kahfi : 60)

Ia mempunyai dorongan yang besar demi pentingnya bertemu dengan hamba yang shalih ini. Ia mempunyai keinginan yang kuat demi pentingnya mengambil faedah dari ilmu hamba yang shalih ini.


ÝóáóãøóÇ ÈóáóÛóÇ


Maka tatkala mereka sampai

Mereka di sini maksudnya adalah Musa-Úóáóíúåö ÇáÓøóáóÇãõ - dan muridnya


ÝóáóãøóÇ ÈóáóÛóÇ ãóÌúãóÚó ÈóíúäöåöãóÇ äóÓöíóÇ ÍõæÊóåõãóÇ


Maka tatkala mereka sampai ke pertemuan dua buah laut itu, mereka lalai akan ikannya (al-Kahfi : 61)

Ini adalah pertama kalinya dua orang ini melalaikan ikannya. Musa-Úóáóíúåö ÇáÓøóáóÇãõ - lalai, muridnya juga lalai. Ikan yang sedang dibakar untuk bekal makan mereka kembali hidup dan melompat ke air, mencari jalannya di laut, melalui ombaknya.


ÝóÇÊøóÎóÐó ÓóÈöíáóåõ Ýöí ÇáúÈóÍúÑö ÓóÑóÈðÇ


Lalu ikan itu melompat mengambil jalannya ke laut itu (al-Kahfi : 61)

Isyarat tentang kebangkitan setelah mati di sini adalah satu dari berbagai isyarat dalam al-Qur’an yang menunjukkan bahwa kebangkitan itu ada dua, yaitu, kebangkitan umum yang terjadi pada Hari Kiamat nanti, yang hanya diketahui oleh Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì- semata, dan kebangkitan khusus, ada beberapa contoh tentang kebangkitan jenis ini di dunia. Misalnya, Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-berkehendak untuk menjadikan mukjizat Isa-Úóáóíúåö ÇáÓøóáóÇãõ -untuk membangkitkan orang yang meninggal dengan izin Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-, korban pembunuhan dari Bani Israil dipukul dengan bagian sapi yang disembelih, kemudian ia bangkit dan berkata, “Saya dibunuh oleh fulan.” Ini adalah contoh kebangkitan.

Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-berfirman kepada Bani Israil,


æóÅöÐú ÞõáúÊõãú íóÇ ãõæÓóì áóäú äõÄúãöäó áóßó ÍóÊøóì äóÑóì Çááøóåó ÌóåúÑóÉð ÝóÃóÎóÐóÊúßõãõ ÇáÕøóÇÚöÞóÉõ æóÃóäúÊõãú ÊóäúÙõÑõæäó (55) Ëõãøó ÈóÚóËúäóÇßõãú ãöäú ÈóÚúÏö ãóæúÊößõãú áóÚóáøóßõãú ÊóÔúßõÑõæäó (56) [ÇáÈÞÑÉ : 55 ¡ 56]


Dan (ingatlah) ketika kamu berkata, “Hai Musa. Kami tidak akan beriman kepadamu sebelum kami melihat Allah dengan terang.” Karena itulah kamu disambar halilintar, sedang kamu menyaksikannya. Setelah itu, Kami bangkitkan kamu sesudah kamu mati, supaya kamu bersyukur.” (al-Baqarah : 55-56)

Ini juga contoh kebangkitan.

Dalam surat al-Baqarah disebutkan,


Ãóáóãú ÊóÑó Åöáóì ÇáøóÐöíäó ÎóÑóÌõæÇ ãöäú ÏöíóÇÑöåöãú æóåõãú ÃõáõæÝñ ÍóÐóÑó ÇáúãóæúÊö ÝóÞóÇáó áóåõãõ Çááøóåõ ãõæÊõæÇ Ëõãøó ÃóÍúíóÇåõãú [ÇáÈÞÑÉ : 243]


Apakah kamu tidak memperhatikan orang-orang yang keluar dari kampung halaman mereka, sedang mereka beribu-ribu (jumlahnya) karena takut mati ? Maka Allah berfirman kepada mereka, “Matilah kamu,” kemudian Allah menghidupkan mereka.” (Al-Baqarah : 243)

Ini juga contoh kebangkitan.

Firman Allah -ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-


Ãóæú ßóÇáøóÐöí ãóÑøó Úóáóì ÞóÑúíóÉò æóåöíó ÎóÇæöíóÉñ Úóáóì ÚõÑõæÔöåóÇ ÞóÇáó Ãóäøóì íõÍúíöí åóÐöåö Çááøóåõ ÈóÚúÏó ãóæúÊöåóÇ ÝóÃóãóÇÊóåõ Çááøóåõ ãöÇÆóÉó ÚóÇãò Ëõãøó ÈóÚóËóåõ [ÇáÈÞÑÉ : 259]


Atau apakah (kamu tidak memperhatikan) orang-orang yang melalui suatu negeri yang (temboknya) telah roboh menutupi atapnya ? Dia berkata, “Bagaimana Allah menghidupkan kembali negeri ini setelah roboh ? “ Maka Allah mematikan orang itu seratus tahun, kemudian menghidupkannya kembali.” (al-Baqarah : 259)

Ini juga kebangkitan. Selama seratus tahun keledai seseorang telah mati, dan Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì- membiarkan waktu berbuat sebagaimana mestinya kepada keledai itu, tapi Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-mencegah waktu untuk mempengaruhi makanan. Ini bukanlah sesuatu yang aneh dalam kuasa Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-. Kita sekarang mempunyai kulkas, orang-orang pada zaman dahulu mempunyai kemampuan membalsem, dan teknologi sekarang memungkinkan dengan kuasa dari Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-, untuk menyimpan sesuatu untuk masa yang lama.

Setelah membangkitkan seseorang setelah kematiannya selama seratus tahun, Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-berfirman kepadanya,


ÝóÇäúÙõÑú Åöáóì ØóÚóÇãößó æóÔóÑóÇÈößó áóãú íóÊóÓóäøóåú æóÇäúÙõÑú Åöáóì ÍöãóÇÑößó


Lihatlah kepada makanan dan minumanmu yang belum lagi berubah, dan lihatlah kepada keledai kamu.”

Ia mendapati keledainya telah menjadi tulang-belulang yang berdebu,


æóáöäóÌúÚóáóßó ÂíóÉð áöáäøóÇÓö æóÇäúÙõÑú Åöáóì ÇáúÚöÙóÇãö


Kami akan menjadikan kamu tanda kekuasaan Kami bagi manusia. Dan lihatlah kepada tulang belulang keledai itu.”

Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-memerintahkan kepada tulang belulang keledai untuk bangkit dari tempatnya, membentuk susunan tulang belulang keledai, lalu memerintahkan kepada daging untuk membungkusnya dan memerintahkan kepada kulit untuk menutupinya serta memerintahkan rambut untuk tumbuh.


æóÇäúÙõÑú Åöáóì ÇáúÚöÙóÇãö ßóíúÝó äõäúÔöÒõåóÇ Ëõãøó äóßúÓõæåóÇ áóÍúãðÇ ÝóáóãøóÇ ÊóÈóíøóäó áóåõ ÞóÇáó ÃóÚúáóãõ Ãóäøó Çááøóåó Úóáóì ßõáøö ÔóíúÁò ÞóÏöíÑñ


Dan lihatlah kepada tulang belulang keledai itu, bagaimana kami menyusunnya kembali, kemudian Kami menutupnya kembali dengan daging.” Maka tatkala telah nyata kepadanya (bagaimana Allah menghidupkan yang telah mati), dia pun berkata, “Saya yakin bahwa Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.” (al-Baqarah : 259)

Ini juga contoh sebuah kebangkitan.

Dalam surat al-Baqarah juga disebutkan,


æóÅöÐú ÞóÇáó ÅöÈúÑóÇåöíãõ ÑóÈøö ÃóÑöäöí ßóíúÝó ÊõÍúíöí ÇáúãóæúÊóì ÞóÇáó Ãóæóáóãú ÊõÄúãöäú ÞóÇáó Èóáóì æóáóßöäú áöíóØúãóÆöäøó ÞóáúÈöí ÞóÇáó ÝóÎõÐú ÃóÑúÈóÚóÉð ãöäó ÇáØøóíúÑö ÝóÕõÑúåõäøó Åöáóíúßó


Dan (ingatlah) ketika Ibrahim berkata, “Ya Rabbku, perlihatkanlah kepadaku bagaimana Engkau menghidupkan orang-orang yang mati.” Allah berfirman, “Apakah kamu belum percaya?” Ibrahim menjawab, “Saya telah percaya, akan tetapi agar bertambah tenang hati saya.” Allah berfirman, “(Kalau demikian), ambillah empat ekor burung, lalu jinakkanlah burung-burung itu kepadanya.” (al-Baqarah : 260)

Perhatikan baik-baik burung-burung itu, sehingga engkau mengenali kondisinya, kekhususannya dan perbedaannya.


Ëõãøó ÇÌúÚóáú Úóáóì ßõáøö ÌóÈóáò ãöäúåõäøó ÌõÒúÁðÇ


Kemudian letakkanlah tiap-tiap ekor darinya di atas tiap-tiap bukit.”

Ungkapan ini diringkas dengan dihapus, karena kedudukannya adalah untuk menjawab, “Perlihatkanlah kepadaku bagaimana Engkau menghidupkan orang-orang yang mati.” Maka artinya Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì- memerintahkan kepada Ibrahim-Úóáóíúåö ÇáÓøóáóÇãõ-untuk menyembelih burung-burung itu, memotong-motong bagian-bagiannya dan meletakkan bagian-bagian yang dipotong pada setiap gunung, kemudian ia berdiri di suatu tempat untuk memanggil mereka kembali. Ternyata anggota-anggota tubuh burung itu mulai menyatu, beterbangan, membentuk tubuh yang sempurna dan sampai ke tempatnya berdiri.


æóÇÚúáóãú Ãóäøó Çááøóåó ÚóÒöíÒñ Íóßöíãñ


Dan ketahuilah bahwa Allah Mahaperkasa lagi Mahabijaksana (al-Baqarah : 260)

Ini juga contoh sebuah kebangkitan.

Berubahnya tongkat Musa-Úóáóíúåö ÇáÓøóáóÇãõ- menjadi ular yang melata, ini lebih heboh lagi, karena merupakan kebangkitan hidup pada benda mati. Batu kerikil yang bertasbih di dalam genggaman NabiÕóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó--lebih heboh lagi, karena kehidupan yang ada pada benda mati membuatnya bisa mengucapkan dzikir kepada Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-. lengan kambing beracun yang dipersiapkan oleh wanita Yahudi untuk Rasulullah Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó--yang berkata kepada beliau, “Janganlah engkau memakanku wahai Rasulullah, karena aku beracun.”

Semoga berbagai contoh-contoh ini mendekatkan pemahaman kepada kita bagaimana ikan Musa Úóáóíúåö ÇáÓøóáóÇãõ –dan ini bagian juga dari runutan contoh-contoh kebangkitan-seekor ikan yang telah dikeluarkan dari laut, telah mati karena telah dicekik dan digoreng di atas minyak atau dibakar di atas api, kemudian kembali bangkit hidup lalu meloncat ke laut. Keduanya (Musa-Úóáóíúåö ÇáÓøóáóÇãõ- dan muridnya) meneruskan perjalanannya tanpa menyadari hal ajaib yang telah terjadi, sampai kemudian mereka merasakan lapar,


ÞóÇáó áöÝóÊóÇåõ ÂÊöäóÇ ÛóÏóÇÁóäóÇ áóÞóÏú áóÞöíäóÇ ãöäú ÓóÝóÑöäóÇ åóÐóÇ äóÕóÈðÇ


Berkatalah Musa kepada muridnya, “Bawalah kemari makanan kita ; sesungguhnya kita telah merasa letih karena perjalanan kita ini (al-Kahfi : 62)

Dari sini ingatlah anak muda itu,


ÞóÇáó ÃóÑóÃóíúÊó ÅöÐú ÃóæóíúäóÇ Åöáóì ÇáÕøóÎúÑóÉö ÝóÅöäøöí äóÓöíÊõ ÇáúÍõæÊó æóãóÇ ÃóäúÓóÇäöíåõ ÅöáøóÇ ÇáÔøóíúØóÇäõ Ãóäú ÃóÐúßõÑóåõ æóÇÊøóÎóÐó ÓóÈöíáóåõ Ýöí ÇáúÈóÍúÑö ÚóÌóÈðÇ


Muridnya menjawab, “Tahukah kamu tatkala kita mencari tempat berlindung di batu tadi, maka sesungguhnya aku lupa (menceritakan tentang) ikan itu dan tidaklah ada yang melupakan aku untuk menceritakannya kecuali setan dan ikan itu mengambil jalannya ke laut dengan cara yang aneh sekali.” (al-Kahfi : 63)

Ikan itu dibangkitkan setelah kematiannya, dan memecah jalannya di air.

Musa-Úóáóíúåö ÇáÓøóáóÇãõ- mulai lupa rasa laparnya dan jiwanya mulai senang,


ÞóÇáó Ðóáößó ãóÇ ßõäøóÇ äóÈúÛö ÝóÇÑúÊóÏøóÇ Úóáóì ÂËóÇÑöåöãóÇ ÞóÕóÕðÇ (64) ÝóæóÌóÏóÇ ÚóÈúÏðÇ ãöäú ÚöÈóÇÏöäóÇ ÂÊóíúäóÇåõ ÑóÍúãóÉð ãöäú ÚöäúÏöäóÇ æóÚóáøóãúäóÇåõ ãöäú áóÏõäøóÇ ÚöáúãðÇ (65)


Musa berkata, “Itulah (tempat) yang kita cari”. Lalu keduanya kembali, mengikuti jejek mereka semula. Lalu mereka bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berikan kepadanya rahmat dari sisi Kami, dan yang telah Kami ajarkan kepadanya ilmu dari sisi Kami,” (al-Kahfi : 64-65)

Di sini Musa-Úóáóíúåö ÇáÓøóáóÇãõ-berdiri di hadapannya selayaknya seorang murid.


ÞóÇáó áóåõ ãõæÓóì åóáú ÃóÊøóÈöÚõßó Úóáóì Ãóäú ÊõÚóáøöãóäö ãöãøóÇ ÚõáøöãúÊó ÑõÔúÏðÇ


Musa berkata kepada Khidhr, “Bolehkah aku mengikutimu supaya kamu mengajarkan kepadaku ilmu yang benar di antara ilmu-ilmu yang telah diajarkan kepadamu” (al-Kahfi : 66)

Di sini sang ustadz berterus terang kepadanya,


Åöäøóßó áóäú ÊóÓúÊóØöíÚó ãóÚöíó ÕóÈúÑðÇ (67) æóßóíúÝó ÊóÕúÈöÑõ Úóáóì ãóÇ áóãú ÊõÍöØú Èöåö ÎõÈúÑðÇ (68) ÞóÇáó ÓóÊóÌöÏõäöí Åöäú ÔóÇÁó Çááøóåõ ÕóÇÈöÑðÇ æóáóÇ ÃóÚúÕöí áóßó ÃóãúÑðÇ (69)


Dia menjawab, “Sesungguhnya kamu sekali-kali tidak akan sanggup sabar bersamaku. Dan bagaimana kamu dapat sabar atas sesuatu, yang kamu belum mempunyai pengetahuan yang cukup tentang hal itu.” Musa berkata, “Insya Allah kamu akan mendapatkanku sebagai seorang yang sabar, dan aku tidak akan menentangmu dalam sesuatu urusanpun (al-Kahfi : 69)

Kemudian ustadznya membuat suatu aturan dalam hubungan antara keduanya,


ÞóÇáó ÝóÅöäö ÇÊøóÈóÚúÊóäöí ÝóáóÇ ÊóÓúÃóáúäöí Úóäú ÔóíúÁò ÍóÊøóì ÃõÍúÏöËó áóßó ãöäúåõ ÐößúÑðÇ


Dia berkata, “Jika kamu mengikutiku, maka janganlah kamu menanyakan kepadaku tentang sesuatu apa pun, sampai aku sendiri menerangkannya kepadamu (al-Kahfi : 70)

Wahai pembaca, tentulah terbayang oleh Anda bagaimana kuatnya keinginan Musa-Úóáóíúåö ÇáÓøóáóÇãõ- untuk mengikutinya, belajar kepadanya dan memenuhi syarat-syarat yang disepakati. Akan tetapi bayangkan juga bahwa tiba-tiba Musa -Úóáóíúåö ÇáÓøóáóÇãõ- mendapatkan sesuatu yang di luar perkiraannya, di tiga permasalahan yang kita akan membahasnya lebih lanjut, agar hujjah bisa tegak atas Bani Israil yang telah menghujat kenabian Muhammad-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-kerena beliau pernah kelupaan sekali, dan di sini Musa-Úóáóíúåö ÇáÓøóáóÇãõ-pernah melupakan ikan, lalu kemudian lalai lagi sebanyak tiga kali, tapi kenabiannya sama sekali tidak terhujat oleh mereka.

Di mana logika kalian wahai Bani Israil ? Di mana akal sehat kalian ?

Cerita tentang tiga hal ini pembahasannya di masa yang akan datang, insya Allah,

Wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuhu

(Redaksi)

Sumber :

Al-Yahud Fi al-Qur’an al-Karim, Syaikh Shalah Abu Ismail, ei, hal. 204-212.


Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatannur&id=1080